Cara  pengoperasiannya :
Matic anda  tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki yakni  kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil  manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda aktif,  kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem  atau gas.
Jadi  pada mobil matic, kaki kiri anda bebas sama sekali, sedang tangan kiri  anda juga bebas , kecuali anda mundur , parkir, dan pertama kali  bergerak maju.


Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)
Matic atau Transmisi  kecepatan automatic , fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara  automatic dengan putaran mesin atau di jalan menurun dengan putaran  mesin rendah , oleh karena ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga  akan terjadi percepatan secara automatic. Manual atau Transmisi ,  Fungsi kecepatan kendaraan disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur  secara manual dan bertahap , pada jalan menurun dengan putaran mesin  rendah transmisi manual dapat menjadi alat bantu pengereman atau menahan  laju kenderaan. Kenderaan matic simple dan pemakaian kampas rem agak  berlebih , hati-hati pada jalan licin dan berlumpur.
Perbedaan yang  paling jelas adalah:
Mobil matic merubah rasio  transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk  meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil  manual memungkinkan pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran  mesin terhadap roda untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.
Berikut penjelasan singkatnya:
Pada mobil matic,  perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan  memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan  pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak  lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal kopling dan 4  hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan. pengemudi hanya  perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas  sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran  antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio  berbeda-beda didalam sebuah box transmisi. dari dalam transmisi  tersebut, terdapat tuas yang biasa anda gerakkan ketika anda ingin  menambah gigi untuk mendapatkan rasio yang lebih berat saat  berakselerasi. tuas tersebut mengatur pasangan roda gigi mana yang  digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan yang dipilih oleh pengemudi.  jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada putaran mesin dan memindahkan  gigi transmisi disaat yang tepat untuk melakukan akselerasi mulai  berhenti hingga kecepatan yang diinginkan. Itulah perbedaan mendasar  pada mobil manual dan mobil matic.
Tambahan:
Ada juga sistem transmisi  semi otomatis. dimana perpindahan gigi dilakukan oleh aktuator robotik.  akan tetapi pemilihan percepatan tetap diserahkan pada pengemudi. Dengan  demikian perpindahan rasio dapat terjadi dengan cepat dan halus, akan  tetapi performa mesin masih dapat dikail hingga RPM mesin yang  diinginkan dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
mobil matic tidak ada pedal  clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat  membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri,  untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki,  yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas  atau rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada  setiap pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi  jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti  penginjakan pedal clutch.
Mobil manual menggunakan  sistem transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai  sumber utama penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem  transmisi matic yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi  didalam mesin mobil tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis  karena ada komponen yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :
1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
Related Post:
Widget by [ Iptek-4u ]







 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan berpartisipasi di blog ini dengan berkomentar