Senin, 02 April 2012

Panduan perawatan laptop “Bagi pemilik laptop wajib baca”


Memiliki laptop pasti memiliki kewajiban untuk merawatnya. Jika langkah perawatan yang dilakukan tepat, maka laptop akan bertahan lama dan tampak berkilat. Dan sebaliknya, jika laptop diperlakukan seenaknya, daya tahannya, tentu akan berlangsung sekejap saja.
Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan laptop harus menjadi perhatian,khususnya jika laptop sering dibawa bepergian. Tentu anda ingin menjaga laptop agar tetap optimal dan selalu tampak kinclongkan. Beberapa langkah pada posting ini semoga bisa anda coba sebagai panduan perawatan laptop anda.
1.       Perawatan pada layar laptop
Sebagian besar laptop menggunakan layar LCD atau layar Kristal cair. LCD dibentuk oleh cairan Kristal yang dapat menghasilkan gambar. Layar ini berbentuk tipis dan rapuh, sehingga perlu penjagaan lebih ekstra agar layar tidak terkena benda-benda tajam, yang dapat menyebabkan lubang dan goresan pada layar.
a.       Berilah lapisan tambahan pada layar laptop, bisa anti gores maupun scoutled. Yang berguna sebagai pelindung layar dari benda-benda yang dapat merusak layar.
b.      Jika menunjuk layar dengan dengan jari ataupun pulpen usahakan agar tidak menekan layar terlalu keras.
c.       Bersih layar menggunakan kain lembut dan kering, usahakan untuk tidak menekan layar terlalu keras
d.      Jangan sampai agar layar tidak terkena sinar matahari langsung.
2.       Perawatan pada chasing laptop
Chasing merupakan bagian laptop yang berada di bagian paling luar dan bagian yang langsung terhubung dengan dunia luar (seperti suhu, debu, air, api dan benda-banda lain). Jika anda menginginkan chasing selalu terlihat kinclong ikuti tips dibawah ini.
a.       Bersihkan chasing menggunakan kain yang dibasahi dengan deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Lebih bagus jika anda menggunakan lap khusus yang biasa dijual ditoko-toko komputer.
b.      Hindari goresan chasing dari benda-benda tajam atau cairan yang bersifat korosi
c.       Saat bepergian dengan membawa laptop, masukkan laptop  pada tas atau tempat yang telah disediakan.
3.       Perawatan pada baterai laptop
Bagian laptop yang sering mengalami kerusakan adalah baterai, untuk itu dibutuhkan usaha yang lebih untuk melakukan perawatan agar tetap awet. Kerusakan yang umum terjadi pada baterai adalah drop(penurunan daya simpan baterai), biasanya ini pada baterai yang telah berumur lebih dari setahun. Untuk mengantisipasi itu berikut tipsnya?
a.       Jika baterai anda baru, melakukan penyesuaian adalah sebuah keharusan. Penyesuaian dapat dilakukan dengan cara; cas baterai selama 6 jam tanpa henti untuk pertama kali pengecasan, setelah pakai sampai habis dan isi lagi sampai penuh. Lakukan sebanyak tiga kali berturut-turut. ‘cara ini juga berlaku untuk baterai yang telah lama tidak dipakai’.
b.      Jika baterai yang anda gunakan Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), lakukan pengosongan baterai, sepenuhnya setiap beberapa waktu ( setiap minggu atau bulan)
c.       Jika berencana menyimpan laptop untuk waktu yang lama, lepaskan baterai dari laptop kemudian simpan di tempat yang kering dan sejuk. Dan pasti baterai tidak dalam kondisi kosong (untuk mengantisipasi terjadinya karat pada baterai).
d.      Jangan mengoperasikan laptop, ketika baterai pada kondisi pengecasan.
e.      Jika sedang berada dirumah sebaiknya gunakan aliran listrik tanpa menggunakan baterai. Ini bergunakan untuk mengurangi keausan dan memperperpanjang umur baterai.
4.       Perawatan pada program dan data laptop
Program dan data dalam laptop tidak kalah penting untuk selau dirawat. Tujuannya agar program dan data tidak rusak atau hilang. Perawatan itu meliputi: harddrive, instalasi anti virus, hardisk, back up data, dan instalasi software-software lain yang berguna untuk keamannan data dan program laptop.
a.       Download kemudian install anti virus, firewall dan anti spyware di laptop
b.      Update software-software anda
c.       Back-up data penting secara rutin
d.      Gunakan password yang rumit untuk akses laptop anda
e.      Install program yang berfungsi untuk keamanan laptop anda
5.       Perawatan- perawatan lain
a.       Matikan laptop dengan benar
Sebuah kecerobohan yang pernah saya lakukan adalah mematikan komputer ketika masih dalam keadaan menyala. Akibatnya hardisk komputer pun rusak, ini terjadi karena hardisk yang masih aktif tiba-tiba mati saat aliran listrik terputus. Kejadian diatas mungkin juga berlaku untuk laptop, untuk itu matikan laptop sesuai dengan prosedur yang benar.
b.      Gunakan stabilizer listrik
Jika anda berniat untuk merawat baterai, salah satu cara yang telah saya sebut diatas adalah dengan menggunakan aliran listrik tanpa menggunakan baterai. Tetapi itupun masih cukup beresiko untuk itu gunakan stabilizer untuk mengurangi naik turunnya aliran listrik
c.       Hindari medan magnet
Dalam menaruh laptop perlu diperhatikan, jangan sampai anda meletakkan laptop pada area yang dapat memancarkan medan magnet seperti; sound aktif,  speaker, tv dan lain-lain.
d.      Jagalah temperatur suhu
Suhu yang terlalu panas maupun dingin dapat merusak komponen laptop. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menyimpan laptop didalam mobil yang jemur di terik matahari langsung.
e.      Hindari permukaan empuk
Jika anda sering mengoperasikan laptop  dengan menaruhnya diatas bantal, kasur, sofa atau lainnya. Itu merupakan kesalahan dalam perawatan, dikarenakan laptop memiliki kipas yang berguna sebagai pendingin prosesor, jika anda menaruhnya ditempat empuk itu sama saja menutupi aliran angin, dibagian bawah laptop. Alhasil laptop cepat panas, dan menyebabkan terbakarnya prosesor.

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berpartisipasi di blog ini dengan berkomentar