Rabu, 18 April 2012

Penyakit stroke

Sedikit artikel mengenai penyakit  stroke
Stroke adalah penyakit yang terjadi saat pasokan darah yang mengalir ke bagian otak tiba-tiba terganggu, yang dapat menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, dan dapat menyebabkan kerusakan sel-sel saraf pada otak,yang berakibat pada  ketidak berfungsinya jaringan dalam mengendalikan bagian tubuh. Di Amerika dan Eropa penyakit ini menjadi pembunuh terbanyak nomer 3. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan, hilangnya sebagian ingatan, dan ketidak mampuan dalam berbicara.
Penyakit ini terbagi menjadi dua macam; stroke iskemik dan stroke  hemorragik. Pada stroke iskemik 75,2% diderita oleh kaum pria yang biasa mengidap hipertensi, kebiasaan merokok, dan meminum minuman berakohol. Sedangkan untuk penyakit stroke hemorragik terjadi akibat pecahnya pembuluh aliran darah dan menyebabkan rebesnya darah ke bagian otak lalu  merusak bagian otak tersebut.
Faktor penyebab stroke
·         Memiliki kebiasaan buruk seperti; merokok, konsumsi alcohol, diet tidak sehat dan lain-lain
·         Kadar kolesterol tinggi
·         Hipertensi ( darah tinggi)
·         Fibrilasi atrial
Merupakan indikasi terjadinya kardioembolisme yang merupakan 20% penyebab stroke  iskemik. Ini terjadi akibat kurangnya kontraksi otot jantung dibilik kiri yang terjadi akibat penumpukan konsentrasi fibrinogen.
·         Aterosklerosis
Aterosklerosis dapat menyerang pembuluh carotid, pembuluh nadi di  otak tengah, dan pembuluh basilar
·         Diabetes mellitus
Diabetes merupakan factor resiko stroke iskemik. Pathogenesis stroke yang dipicu tampaknya dimulai dari reaksi berlebih  glikasi dan oksidasi, disfungsi endothelial, peningkatan agregasi keeping darah , defisiensi fibrinolisis, dan resistansi insulin.
Pencegahan
Menghindari kebiasaan buruk seperti; meroko, minuman keras, konsumsi narkoba. Pola makan sehat ( menghindari makanan berkalori tinggi).  Serta berolahraga secara teratur

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berpartisipasi di blog ini dengan berkomentar